Rabu, 22 Mei 2013

10 Jajanan Tradisional yang Hampir Terlupakan



Dijaman moderen saat ini pastinya kita sangat sulit untuk menemukan jajanan tradisional yang mungkin pada jaman dulu sangat di gemari masyarakat seiring perkembangan jaman pun makanan makanan Tradisional tersebut mulai sulit di jumpai lagi. Nah berikut ini ada beberapa jenis makanan tradisional yang hampir terlupakan lagi. Mau tahu jajanan apa aja simak berikut ini.
1. Kue Rangi

Kue rangi ini kue khas betawi, bentuknya mirip kue pancong atau bandros, tapi ukurannya lebih kecil. Rasanya juga jauh berbeda karena kue rangi dibuat dari bahan yang sederhana. Cuma campuran tepung kanji atau sagu tani dan kelapa parut. Setelah dipanggang, kue disajikan dengan larutan gula merah. Untuk harganya relatif sangat murah. Hanya Rp 100 tiap sekat atau Rp 1.000 tiap lembar yang terdiri dari 12 sekat kue.
2. Klepon

Klepon ini termasuk jajanan tradisional yang sampai sekarang masih eksis. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bola-bola kecil dan berisi irisan gula merah. Bertabur kelapa parut dan kalau dimakan ada sensasi “nyess” ketika kleponnya tergigit.
3. Cenil

Cenil ini termasuk kerabatnya si Klepon, rasanya kenyal karena terbuat dari tepung kanji atau sagu tani. Warnanya cerah ceria, penyajiannya ditaburi gula pasir dan kelapa parut
4. Getuk Lindri

Getuk lindri, penjual panganan yang terbuat dari singkong ini punya cara khas dalam menjajakannya. Gerobak getuk lindri selalu full musik, kebanyakan sih dangdut. Jadi kalau ada alunan dangdut siang-siang, bisa dipastikan tukang getuk lindri sedang lewat.
5. Kue Cucur

Kue cucur ini sekarang udah jarang di temui, jajanan yang terbuat dari tepung beras ini rasanya manis gula merah.
6. Kembang Goyang

Ga tau kenapa namanya kembang goyang. Apa bikinnya sambil goyang-goyang? Yang pasti jajanan ini juga udah mulai langka..
7. Clorot

Namanya unik, bentuknya juga unik. Ada yang baru tau? Itu bisa dimaklumi..ini jajanan juga udah jarang ditemui.
8. Jewawut

Panganan ini memang namanya agak gimanaaa gitu, tapi rasanya enak. Biasa dibikin bubur. Tapi sebenarnya ini makanan burung.
9. Gulali

Ke manakah abang tukang gulali? Kenapa sekarang udah menghilang ga tau ke mana rimbanya??
10. Awug-awug

Jajanan bernama unik (lagi) ini terbuat dari sagu mutiara dan kelapa. Biasanya dibungkus daun pisang. Rasanya manis, agak kenyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar